Sering Alami Kecemasan,Tanda Anxiety Disorder?

Posted on 296 views

ANXIETY DISORDER- wah denger dari namanya aja udah sangar yak. Eits biar gak salah tafsir apasih itu anxiety diseorder, yuk langsung aja kita bahas. Oke. halloo Sis and Bro, pernah gak sih kalian suka ngerasa cemas, gelisah, bingung atau bahkan kadang ngerasa depresi?. Misal nih, ketika kita dihadapkan dengan situasi yang gak enak seperti, tugas presentasi ketinggalan, ujian mendadak, deadline pekerjaan , perasaan negatif dan lainnya. Tentunya, Keadaan ini mmebuat kita jadi cemas dan panik. Sebenernya kecemasan ini adalah reaksi yang wajar yang dapat dialami oleh siapapun.
Melansir dari jurnal terkait anxiety disorder oleh mahasiswa fakultas kedokteran universitas Hasannuddin, kecemasan adalah suatu keadaan aprehensi atau keadaan khawatir yang mengeluhkan bahwa sesuatu yang buruk akan segera terjadi (Nevid, dkk. 2005).
Gangguan kecemasan diklasifikasikan sebagai neurosis hampir sepanjang abad ke-19. Istilah neurosis diambil dari akar kata yang berarti “suatu kondisi abnormal atau sakit dari sistem saraf”(Nevid, dkk 2005). Kecemasan memiliki karakteristik berupa munculnya rasa takut, kehati-hatian, kewaspadaan yang tidak jelas, dan tidak menyenangkan (davison,dkk. 2004).



Ciri – ciri kecemasan :

1. Gelisah, gugup
2. Pening
3. Sulit bernapas
4. Perilaku menghindar
5. Perilaku melekat dan dependen
6. Khawatir terhadap sesuatu berlebihan
7. Aprehensi terhadap sesuatu yang terjadi di masa depan
8. Keyakinan bahwa sesuatu yang buruk dan mengerikan akan terjadi
9. Sangat sensiif pada sensasi tubuh
10. Selalu merasa terancam
11. Berpikir bahwa dunia akan runtuh
12. Khawatir terhadap hal sepele, serta emosi serta perilaku negati dan gelisah lainnya.

Dan ini ada beberapa tipe-tipe gangguan kecemasan, yang pertama gangguan panik, gangguan cemas menyeluruh, gangguan obesif kompulsif, gangguan fobia, gangguan stres akut dan stress pasca trauma.

  • Gangguan panik
    • Munculnya serangan panik yanng berulang dan tak terduga misal, jantung berdebar-debar, nafas cepat, nafas tersengal, pusing lemas, banyak keluar keringta (Nevid,dkk.2005).
  • Gangguan cemas menyeluruh
    • GAD (generaized anxiety disorder) yakni suatu kecemasan yang ditandai dengan perasaan cemas yanng umum dan bahwa sesuatu yang buruk akan terjadi dengan keadaan peningkatan kerangsangan tubuh.
  • Gangguan obsesif kommpulsif
    • Pikiran, ide atau dorongan yang introsve dan berulang yang berbeda di luar kemampuan seseorang untuk mengendalikannya.
  • Gangguan fobia
    • Berasal dari Yunani phobos artinya takut. Takut adalah perasaan cemas dan agitasi respon terhadap ancaman.
  • Gangguan stress akut dan gangguan stres pasca trauma
    • Gangguan stres akut adalah suatu reaksi yang diperkirakan dari seseorang yang mengalami trauma mendalam. Gangguan ini akan menghilanng setelah 1-2 minggu, namun jika berlanjut perlu diubah menadi gangguan stres pasca trauma.

Semua gangguan ini pastinya membebankan hati dan pikiran kita. Makan, tidur, beraktifitas pun jadi tidak enak. Oleh karena itu, perlu untuk step by step menyembuhkan diri agar terhindar dan sembuh dari gangguan ini. jika merasa semua gangguan ini sudah parah, kalian bisa mengunjungi psikolog atau psikiater untuk konsultasi dan menyembuhkan terhadap kecemasan ini. namun jika dirasa masih bisa diatasi sendiri kalian bisa melakukan dan membiasakan diri dengan hal hal yang positif.

Pertama, yang bisa dilakukan yaitu cobalah ceritakan perasaan kita kepada orang yang dipercaya dengan harapan akan mendapat umpan positif dan dukungan, jika dirasa tak ada yang bisa dipercaya kalian bisa menumpahkan pikiran dan rasa kaliann melalui tuisan dan karya. Intinya luapkan dengan hal hal yang positif, cari kesibukan positif hingga kalian lupa dengan ketakutan kalian. Tapi juga inget jangan sampai karena buat pelampiasan kalian malah overwork dan tubuh kalian drop. So, imbangi juga dengan pola hidup yang sehat (tidur cukup, makan bergizi, olahraga). Selain itu teruslah untuk berpikir positif (nah ini nih, hal simple tapi gak semudah itu buat nerapinya), inget hal hal yang enak enak aja deh (kata partner aku gitusih), dan jangan lupa yang paling penting yakni berdoa dan ibadah agar semuanya dimudahkan. Aamiin.

So gitu dulu Sis and Bro ku penjelasan terkait anxiety disorder semoga membantu kalian yang lagi difase galau baget nih. Semangaat, cmiw 😊 -Dila